Paket Liburan 2018

7 Spot Legenda Mitos di Yogyakarta

7

Mitologi Jawa merupakan elemen yang sangat penting dari budaya Jogjakarta yang semarak. Malah, mitos-mitos ini telah bertahan lebih lama dari pada kuil kuno dan reruntuhan istana yang tersebar di seluruh kota. Jika Anda merencanakan tur di Yogyakarta, atau hanya ingin tahu, kami telah menemukan 7 dari cerita rakyat lokal yang paling menarik (dan beberapa seram!) Untuk Anda!

1. Prambanan Temple: The Myth of the 1000 Temples & The Cursed Princess

Candi Prambanan adalah situs Kuil Hindu terbesar di Indonesia, dan juga merupakan salah satu yang terbesar di SEA. Situs candi masif itu sendiri adalah pemandangan yang menakjubkan untuk disaksikan; dikelilingi oleh 999 candi individu adalah candi indah yang menjulang berdiri setinggi 47m.

Insinyur modern mungkin berpendapat bahwa situs yang kompleks membutuhkan perencanaan dan konstruksi bertahun-tahun, namun legenda menentukan sebaliknya. Kuil itu, pada kenyataannya, diyakini dibangun dalam semalam.

Dahulu waktu Yogyakarta kuno, ada seorang penguasa yang hebat namun kejam bernama Pangeran Bandung Bondowoso. Pangeran jatuh cinta dengan putri cantik Rara Djonggrang, namun gagal menangkap hatinya saat ia membunuh ayahnya dengan sangat baik. Putus asa untuk menjaga pangeran di teluk, Putri Rara memikirkan tugas yang tampaknya tidak mungkin bagi sang pangeran; dia mengusulkan agar Pangeran Bandung membangun 1000 kuil di malam hari untuk pertukaran cintanya. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, Pangeran Bandung bermeditasi dan mengumpulkan bantuan makhluk gaib. Para pembangun bekerja dengan tekun sepanjang malam dan hampir berhasil dalam tugas mereka. Putri cerdas itu melihat ini dan langsung mendapat tipuan; dia meminta pelayannya untuk mulai membakar jerami untuk meniru fajar dan menumbuk nasi seperti biasanya dilakukan oleh penduduk setempat sebelum matahari terbit. Makhluk supernatural membeli trik tersebut dan segera pergi sebelum menyelesaikan kuil ke 1000 karena mereka takut matahari akan muncul. Sang putri berhasil menipu semua kecuali satu; Pangeran Bandung Bondowoso. Jadi marah dan dikhianati adalah dia dengan perbuatan tersebut, dia mengutuk dan mengubah putri cantik itu menjadi kuil terakhir. Candi ini sekarang dikenal sebagai candi Rara Djonggrang, rumah bagi patung paling indah di situs yang selamanya mengabadikan keindahan sang putri.

TIPS DARI LOKAL KETIKA MENGUNJUNGI CANDI PRAMBANAN
Patung indah putri cantik bukanlah satu-satunya keyakinan yang bertahan sepanjang masa. Rumor mengatakan bahwa kutukan kekasih yang dikhianati itu masih bergema di dalam kompleks itu. Yang menawan seperti Candi Prambanan ini, pasangan lokal yang masih berkencan akan menghindari mengunjungi situs ini dengan segala cara. Dipercaya bahwa pasangan yang belum menikah yang mengunjungi Candi Prambanan akan memiliki hubungan yang hancur, seperti pencipta candi.

2. Borobudur Temple: The Temple that Emerged from Beneath the Earth

Candi Borobudur ini bisa dibilang merupakan candi kuno paling terkenal di antara banyak titik itu Yogyakarta. Situs kuno ini adalah tempat yang paling banyak dikunjungi di Indonesia untuk arsitekturnya yang luar biasa, namun misteri yang mengelilinginya juga menjadi objek pesona yang tinggi oleh sejarawan dan pelancong.

Borobudur identik dengan mistisisme; Ditemukan pada abad ke 19 oleh Belanda di bawah lapisan abu vulkanik dan hutan, dan tidak ada catatan kuno tentang kuil-kuil yang pernah ditemukan. Saat ini, Candi Borobudur terkenal dengan ziarah dan harus dikunjungi atraksi bagi wisatawan di Yogyakarta.

 

Ada banyak kisah menarik untuk penciptaan situs megah ini. Keyakinan yang paling umum adalah bahwa Candi Borobudur diciptakan pada abad ke-9 oleh arsitek Gunadharma. Dan, jika Anda melihat dari dekat, Anda mungkin melihat pemandangan Gunadharma mengambil istirahat abadi dari tahun-tahun Templeconstruction Borobudur yang sulit. Jika Anda tidak dapat menemukannya, inilah sedikit petunjuknya:

Mendaki ke puncak kuil dan melihat ke arah Selatan. Apa yang akan Anda lihat adalah hamparan bukit hijau nafsu di kejauhan, bukit Gunadharma, berbentuk manusia yang sedang beristirahat.

MITOS LAIN SAAT MENGUNJUNGI CANDI BOROBUDUR
Kuil ini juga merupakan rumah bagi patung yang terkenal; Singa Urung. Kata “urung” berarti “berpisah” dengan bahasa Jawa, dan patung tersebut telah mendapatkan reputasinya dengan “memisahkan” pasangan yang belum menikah yang melewatinya. Tapi jangan khawatir, jika kebetulan Anda berjalan melewati patung ini bersama pasangan Anda, langsung saja menuju Kunto Bimo untuk membalikkan kutukan itu!

3. The sacred Banyan Trees: The Twins that Will Make Your Dreams Come True

Alun Alun Kidul (Pohon Banyan di Selatan) mungkin adalah salah satu situs paling terkenal di Yogyakarta. Pohon besar yang berdiri sejajar satu sama lain juga disebut Gerbang ke Laut Selatan; Laut mistik yang merupakan rumah bagi Ratu Nyai Roro Kidul.

 

The Twin Banyan Trees in Yogyakarta
The Twin Banyan Trees in Yogyakarta

Alun alun Kidul terletak di halaman belakang Istana Keraton. Menurut kepercayaan lokal, Gunung Merapi yang suci terhubung dengan Pantai Parangritis yang misterius dengan garis imajiner, dan Keraton Palace dibangun di sepanjang garis ini.

Selama berabad-abad, pohon-pohon besar ini telah dikaitkan dengan kekuatan supranatural. Sebenarnya, peran utama pohon penjaga adalah mematikan niat jahat yang ingin sampai ke Istana. Dipercaya bahwa hanya mereka yang memiliki niat murni dan baik yang bisa berjalan di antara pohon kembar tanpa dipenggal.

Menurut cerita rakyat tradisional dimana putri cantik Sultan Hamenkubuwono saya memilih pelamarnya berdasarkan kondisi bahwa ia harus berjalan dalam garis lurus melalui pepohonan sambil ditutup matanya. Dari banyak pria yang tak terhitung jumlahnya, hanya satu yang bisa berhasil melakukannya. Dengan keyakinan lain, pepohonan dikatakan sebagai penjaga gaib Istana Keraton untuk mencegah pasukan Belanda selama invasi mereka.

4. Parangtritis Beach : A Place Duly Protected by the Ferocious Queen of the South Sea

Legenda Ratu Selatan adalah kisah yang akrab bagi semua orang Indonesia. Ratu adalah dewa legendaris yang dipercaya menjadi penguasa Laut Selatan Jawa selama berabad-abad dan juga wali keluarga Keraton. Setiap tahun, Keraton akan mengadakan upacara apresiasi atas perlindungannya dalam sebuah acara yang disebut Labuhan. Pada hari ini, persembahan besar diberikan dalam bentuk bunga, makanan dan bahkan rambut dan kuku Sultan.

Kisah tentang Ratu Laut Selatan bukanlah cerita rakyat biasa. Sebenarnya, sebagian besar penduduk setempat menyebut Ratu dengan tingkat ketakutan tertentu. Sementara Ratu diyakini sebagai pelindung, terkadang dia mungkin “menyerang” tanpa peringatan berupa gelombang kekerasan atau pengunjung pantai yang hilang.

Ratu Kidul ( Queen of the South ), in Parangtritis beach, Yogyakarta

Sejarah Nyai Roro Kidul diyakini berasal dari awal abad ke-14 pada masa pemerintahan Kerajaan Pajajaran.

Pernah ada seorang putri yang sangat cantik dengan nama Dewi Kadita, dan kecantikannya yang menarik menarik kekaguman banyak orang. Sayangnya, ada orang yang sangat cemburu terhadap pesonanya dan akhirnya dikutuk menjadi gadis yang mengerikan. Ayah Dewi Kadita melihat ini sebagai tanda nasib buruk, dan mengusir putri malang itu dari istana. Saat sang putri duduk di tepi laut dan menangis, dia bermimpi bahwa kutukan itu akan sembuh jika dia melompat ke air. Dewi Kadita melakukan hal itu, namun kutukannya tidak hanya terbalik; Dia juga berubah menjadi dewa dalam prosesnya. Dia kemudian dikenal sebagai Nyai Roro Kidul, atau Ratu Laut Selatan, penguasa semua makhluk di Laut Selatan Jawa. Untuk membalas dendam ayahnya, Nyai berjanji untuk menjadi mempelai wanita semua pangeran Mataram, kerajaan saingan ayahnya.

Selama bertahun-tahun, kisah-kisah yang tak terhitung jumlahnya telah muncul dari orang-orang yang ditelan oleh arus yang terkejut saat mereka berjalan di sepanjang pantai. Legenda mengatakan bahwa orang-orang ini ditangkap oleh Ratu untuk menjadi penjaganya. Sang ratu sangat menyukai warna hijau, seperti yang dikatakan hanya “menangkap” mereka yang berpakaian dengan warna kesukaannya.

5. Mount Merapi: Java’s Most Sacred Volcano or also Known as the “Kingdom of Spirits”

Dengan bangga berdiri setinggi 2.968 m, Gunung Merapi dianggap suci bagi kebanyakan orang Jawa. Secara harfiah berarti “gunung api”, gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif dan mematikan di dunia.

Mount Merapi, Yogyakarta
Mount Merapi – Photo Credit to John Stanmeyer

Penduduk setempat percaya bahwa Gunung Merapi dijaga oleh banyak roh, dengan wilayah yang berbeda dari tempat suci ini dijaga oleh kehadiran yang berbeda. Dari banyak makhluk mistis yang terkenal, keduanya muncul sebagai penguasa mereka; Empu Rama dan Empu Permadi. Sejarah mereka dimulai sejak hari penciptaan Jawa. Menurut kepercayaan, Pulau Jawa tidak seimbang saat pertama kali diciptakan karena adanya gunung besar di West End-nya. Karena Dewa berencana memindahkannya ke lokasi sentral di pulau itu, Empu Rama dan Empu Permadi menunjukkan ketidaksetujuan mereka dengan memblokir situs ini. Sayangnya, Dewa tidak begitu senang; Mereka mengubah kedua orang tersebut menjadi wali abadi bagi lokasi gunung baru, yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Merapi.

Orang-orang Yogya secara religius membawa tradisi memberi penghormatan kepada pelindung spiritual gunung tersebut. Oleh karena itu sangat mungkin bahwa Anda akan kesempatan pada persembahan, seperti beras kuning, tersebar di sepanjang perjalanan. Sebagai gantinya, pelindung ini tidak hanya melindungi situs suci, tapi terkadang memberi pijat terlebih dahulu mengatasi masalah yang akan terjadi pada penduduk setempat yang tinggal di sekitar gunung. Legenda menyebutkan bahwa ketika gunung berapi tersebut akan meletus, Guardian Utara cenderung membuat tampilan berupa awan di atas gunung sebagai tanda peringatan.

TIPS DARI LOKAL
Dipercaya menjadi “Kingdom of Spirits ”, pengunjung disarankan untuk melakukan perilaku terbaik selama kunjungan mereka agar tidak membuat marah para Dewa. Pengunjung disarankan untuk tidak mengarahkan langsung ke gunung berapi tersebut, karena hal tersebut merupakan tanda tidak hormat. Juga dianggap tidak pantas adalah memanggil gunung api dengan namanya; penduduk setempat menyebutnya sebagai “Si Mbah”, yang berarti orang tua.

6. Jomblang Cave : The Insanely Beautiful Cave with Insanely Dark Secrets

Terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta Selatan, Gua Jomblang bisa dibilang keajaiban alam paling ilahi di dalam provinsi ini. Di dalam gua vertikal ini adalah jalan setapak sepanjang 300 m yang ditutupi vegetasi tebal yang mengarah ke tempat di mana orang bisa menyaksikan “balok cahaya dari langit”.

Jomblang Cave, Yogyakarta
Jomblang Cave – Photo Credit to César González Palomo

Keindahan Gua Jomblang yang menakjubkan bisa jadi tak ada bandingannya, tapi percayalah atau tidak, situs yang menakjubkan ini pernah dihindari oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Selama periode Great Slaughter di tahun 1960an, Goa Jomblang digunakan sebagai tempat yang tidak menguntungkan untuk pembuangan mayat atau mayat yang terluka. Sejak saat itu, penduduk setempat mengaku pernah mendengar teriakan minta tolong masuk dari dalam gua, dan banyak penjelajah gua juga masih hilang sampai hari ini. Penduduk setempat memutuskan bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan; Mereka datang bersama dan berdoa di dalam gua. Sampai saat ini, tidak ada lagi cerita cabul tentang Goa Jomblang, hanya cerita tentang keindahan liarnya.

7. Sukuh Temple: The Erotic Temple with Supernatural Gifts that will Tingle Your Spicy Senses

Di antara kuil eksotis yang tersebar di Yogyakarta, Candi Sukuh mungkin bisa disebut pemberontak karena arsitektur dan tujuannya. Dibangun pada abad ke-13, Candi Sukuh dianggap paling muda dan paling nakal; dengan itu kita berarti erotis!

Menemukan kuil yang mempesona ini membutuhkan beberapa keberanian dan petualangan. Ditemukan di dalam hutan lebat Gunung Lawu, Candi Sukuh mengingatkan pada sebuah kuil di Maya, dengan tambahan relief eksotis, seperti rahim manusia yang terperinci.

Penduduk setempat percaya bahwa kuil memiliki fungsi yang benar-benar unik; Candi Sukuh bisa digunakan untuk menguji (ehem) keperawanan wanita atau loyalitas pria terhadap pasangannya.

TIPS DARI LOKAL
Ladies: Jika Anda berhasil berjalan menaiki tangga curam dan sempit di permukaan Candi Sukuh tanpa merobek pakaian Anda, ini menunjukkan bahwa Anda murni.

Pria: Jika Anda berhasil melewati relief rahim manusia tanpa perlu bocor, ini menandakan bahwa Anda adalah orang yang setia.

Candi Sukuh, Erotic Temple, Yogyakarta
Candi Sukuh, Erotic Temple, Yogyakarta

Cerita yang dimiliki oleh penduduk setempat lebih dari sekedar cerita; Saat ini, Jogjakartans mengadakan upacara tahunan dan persembahan kepada legenda setempat, dewa dan roh. Situs yang disebutkan di atas adalah beberapa atraksi yang harus dikunjungi di Yogyakarta.

Yogyakarta adalah kota mitos dan kuil dan Anda mungkin mendengar banyak mitos lainnya saat berada di sana. Apakah berbagi dengan kami mitos dan cerita lain tentang kota ini, kami akan dengan senang hati mengetahuinya!

Oleh Isadora

Source : http://blog.eoasia.com/7-myths-temples-in-yogyakarta/

Print Friendly, PDF & Email
Paket Liburan 2018

Kunjungi Gerai Kami

INTRASTOUR MALIOBORO
Intrastour Bld, Jl. Malioboro No.131, Sosromenduran, DI Yogyakarta 55271
(0274) 561 972
intrastour@gmail.com

INTRASTOUR INTERNATIONAL
Jl. Gedong Kuning Selatan KD IX/4
Banguntapan, DI Yogyakarta 55198
(0274) 371 217
(0274) 372 856
intras.intl@gmail.com

WhatsApp Chat CS Intrastour

Contact PersonSimpati 1

Contact PersonSimpati 2

Contact PersonIm3

Contact Person WhatsApp Sekarang